Islam Rahmatan Lil ‘Alamiin

Islam agama yang mengedepankan nilai – nilai kebaikan, baik yang berkaitan dengan sisi pribadi maupun orang lain.

Dalam Islam hak dan kewajiban seorang hamba itu diatur dalam Al Qur’an maupun hadits, agar tidak ada kedzoliman yang dilakukan seseorang baik terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Oleh karena itu cukup dikatakan dosa besar jika seseorang membunuh dirinya sendiri, apalagi kalau sampai melukai bahkan menghilangkan nyawa orang lain.

Kita akan lebih mengagumi lagi betapa Islam itu adalah agama rahmatan lil ‘alamiin, yaitu saat dimana Rasulullah SAW memberikan nasehat kepada para sahabat ketika akan berjihad.

Para sahabat dilarang membunuh anak -anak , para wanita , orang yang sudah tua dan orang – orang yang berada di tempat – tempat peribadatan mereka. Bukan hanya manusia, pohonpun termasuk yang dilarang Rasulullah SAW untuk dirusak.

Artinya jangankan dalam kondisi sedang aman, dalam kondisi berperangpun Islam tetap mengedepankan nilai – nilai kebaikan dalam hidup untuk senantiasa memberikan toleransi sekalipun kepada yang berbeda.

Kaidah Islam mengatur bahwa yang berhak menghakimi manusia adalah Allah SWT. Sementara kewajiban seorang hamba adalah berdakwah menyampaikan kebenaran dengan mengingatkan apabila manusia lupa, memberitahu apabila tidak tahu dan meluruskan apabila salah.

Jadi salah besar kalau mengatas namakan teroris itu identik dengan Islam, karena Islam tidak mengajarkan perbuatan dzolim apalagi hingga menghilangkan nyawa orang.

Islam agama yang cinta damai, mengajarkan untuk bertoleransi dan memenuhi hak – hak orang lain sekalipun berbeda keyakinan.

Andai saja setiap manusia mau membuka hati dan pikirannya untuk mengkaji Islam lebih dalam, niscaya yang tadinya ragu menjadi yakin, yang tadinya benci menjadi cinta, yang tadinya menolak menjadi menerima.

Semoga Allah SWT memberi kesempatan kepada kita semua untuk mau menerima kebenaran, karena sesungguhnya hanya hati yang di dalamnya ada penyakitlah yang sulit menerima kebenaran.

Cikarang 13052018

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *