Seberapa Greget Dirimu?

Seberapapun gregetnya kamu, apakah pernah menantang seorang jawara gulat tak terkalahkan, dan kamu berhasil menang sampai dua atau tiga kali? Padahal kamu tak terbiasa bergulat sebelumnya.

Rasulullah saw pernah begitu. Mengalahkan Rukanah yang punya rekor tak terkalahkan di Mekkah. Dari sekian banyak pertandingan, baru ketika melawan Rasulullah saw badan Rukanah terbanting hingga perutnya menyentuh tanah.

Seberapa greget dirimu?

Seberapapun gregetnya kamu, pernahkah memecahkan sebuah batu besar sendirian yang orang-orang tidak ada yang sanggup memecahkan batu itu.

Rasulullah saw pernah begitu. Ketika sedang persiapan menghadapi perang Khandak, para sahabat membuat parit yang mengitari kota Madinah. Di tengah pekerjaan, ada batu besar yang sulit dipecahkan. Telah dicoba oleh para sahabat, namun batu itu sebegitu kokohnya. Hingga akhirnya para sahabat mengadu kepada Rasulullah saw. Dan beliau memecahkan batu itu sendirian.

Seberapa greget dirimu?

Seberapapun gregetnya kamu, pernahkah merengsek ke hadapan ketika pasukan yang lain mundur dalam peperangan?

Rasulullah saw pernah begitu dalam perang Hunain. Pasukan muslim terdesak, tergempur oleh panah-panah suku Hawazin yang handal. Mereka mundur menghindari hujanan anak panah. Tetapi Rasulullah mantap melangkah maju. “Aku seorang nabi tidak dusta. Aku putra Abdul Muththalib,” teriak Rasulullah yang memotivasi umat muslim yang mentalnya jatuh.

Seberapa greget dirimu?

Seberapapun gregetnya kamu, pernahkah kamu memaafkan suatu kaum yang sudah melempari kamu dengan batu, mencaci kamu, mengatakan kamu orang gila? Ketika ada kesempatan untuk membalas perbuatan mereka, kamu abaikan.

Rasulullah saw pernah begitu ketika dakwah ke Thaif. Tak hanya menolak dakwah, bahkan penduduk Thaif pun melempari Rasulullah saw dengan batu dan mencaci beliau. Lalu malaikat menghampiri Rasulullah yang sedang dalam keadaan terluka, menawarkan untuk menimpakan sebuah gunung kepada penduduk Thaif. Rasulullah menolak. Masih berharap keimanan penduduk Thaif, setidaknya anak cucu mereka.

Seberapa greget dirimu?

Seberapapun gregetnya kamu, pernahkah berbuat baik kepada orang yang sudah berbuat jahat kepadamu?

Rasulullah saw pernah begitu. Ketika seorang Arab Badwi tiba-tiba menarik selendang beliau dengan kuat hingga menyebabkan guratan luka di leher seraya berkata “Hai Muhammad, berikanlah harta Allah yang ada padamu!”. Rasulullah menoleh kepadanya dan tertawa lalu memberikan apa yang orang Badwi itu inginkan.

Seberapa greget dirimu?

Ah… rekor-rekor kegregetan yang kau ciptakan, tak kan bisa menyaingi keagungan kehidupan Rasulullah saw. Hal-hal luar biasa yang kita pamerkan dalam challenge “seberapa gregetnya kamu” yang sedang ramai, tak kan bisa menandingi keberanian Rasulullah saw, kekuatan beliau, serta akhlaknya yang pemaaf, santun, pemurah, dsb.

Pada hal-hal yang luar biasa yang terjadi dalam hidup beliau saw, terdapat keteladanan yang bisa menyelamatkan kita di dunia dan akhirat. Karena itu, mari jadikan sunnah Rasulullah saw menghiasi hidup kita daripada disibukkan menjadi yang tergreget di zaman ini.

Seberapa greget dirimu?

Eits.. jangan lupa sholawat. Allahumma sholi ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala ali sayyidina Muhammad.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *