Tiga Stanza

|| Kontributor: Eko Jun ||

@ Renungan Sore

Meski tahu bahwa lagu Indonesia Raya terdiri dari 3 stanza, namun hal itu masih terasa asing. Karena sejak kecil, kita memang terbiasa menyanyikan lagu Indonesia Raya hanya dalam 1 stanza, baik dalam upacara bendera di sekolah maupun dalam beragam seremoni resmi lainnya. Apa yang kita rasakan saat meresapi bait demi bait syair Indonesia Raya secara lengkap? Ada beberapa hal yang kami rasakan, diantaranya :

Pertama, Tingginya Rasa Cinta

Lagu Indonesia Raya tentu saja diciptakan sebelum Indonesia merdeka. Artinya, saat itu bangsa Indonesia masih dalam kondisi terjajah, baik oleh Belanda maupun Jepang. Namun mereka masih mampu merangkai bait – bait syair lagu yang menggambarkan besarnya rasa cinta mereka kepada negeri ini.

Dalam stanza 2, ada bait syair : Suburlah tanahnya, Suburlah jiwanya, Bangsanya rakyatnya semuanya. Dalam stanza 3, ada bait syair : Slamatkan rakyatnya, Slamatkan putranya, Pulaunya lautnya semuanya. Syair – syair seperti ini tidak mungkin tidak, kecuali lahir dari besarnya rasa cinta kepada negeri ini. Meskioun saat itu kondisinya sangat mengenaskan karena kekayaan alamnya dieksploitasi penjajah sedangkan penduduknya dijajah negara asing.

Kedua, Tingginya Daya Kreasi

Indonesia dikenal memiliki daya kesusateraan yang tinggi. Beberapa daerah malah dikenal sebagai tanah airnya para pujangga. Karena itu wajar jika para pujangga, penyair hingga pencipta lagu memiliki daya kreasi yang tinggi untuk merangkai bait syair yang dibungkus dalam alunan nada. Bandingkan dengan lagu – lagu jaman sekarang, dimana daya kreasi menurun, tema yang diangkat kurang variatif, syairnya sederhana dan pendek (kategori easy listening).

Menyanyikan lagu Indonesia Raya secara langkap dalam 3 stanza membuat kita kembali bernostalgia dengan masa lalu kita. Bahwa nenek moyang bangsa Indonesia bukan hanya pelaut ulung, bukan hanya raja – raja penguasa negeri, tapi juga para pujangga hebat. Agar ruang publik tidak hanya didominasi oleh roman picisan dan berita sampah, tapi juga syair – syair berkelas yang penuh makna.

Selamat menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam 3 stanza
Feel the power !!!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *