Entries by Zico Alviandri

Ramadhan dan Tanah yang Subur

Apa yang Anda lakukan kalau diberi tanah yang sangat subur seluas satu hektar? (Aminin aja. Bulan Ramadhan lho). Ada metafora sebagai renungan sederhana di bulan suci ini. Mungkin ada yang akan membangun istana sepenuh lahan itu. Tentu sayang sekali, tanah subur kok tidak dimanfaatkan untuk hal yang produktif. Ada yang sebagian digunakan untuk berkebun, dan […]

Avengers dan Waktu yang Tak Bisa Kembali

Serial Kea, Adi, Dilan, Eja, dan Tera. (Lima karakter muda PKS) “Mau ikut nobar Endgame tapi belum pernah nonton Avengers?” Eja mengangguk. “Boleh kan?” tanyanya. “Mendingan jangan, deh. Nanti kamu bingung. Banyak gak nyambung.” “Plis dong, Tera. Resiko aku deh kalau gak ngerti.” Tera menarik nafas panjang. Badannya dihempas ke belakang menyandar ke punggung kursi. […]

Isra Mi’raj dan Ilmu Pengetahuan

Dengan apa manusia menyangkal Isra’ Mi’raj? Dengan ilmunya yang secuil. Maka dulu mereka berkata tak mungkin bisa seseorang berjalan hanya dalam semalam hilir mudik Mekkah – Yerusalem. Seraya menyangka teknologi di zaman itu telah berada di puncaknya. Waktu bergulir 14 abad kemudian. Dan tersibaklah ketidakmungkinan itu. Setelah burung besi ramai lalu lalang di angkasa. Kini, […]

At-Takatsur dan Lampu Merah Kematian

Di jalanan yang ramai dan agak padat, awalnya Rossi membawa motor dengan santai. Namun ada pengendara lain yang bermanuver menjengkelkan. Rossi pun terusik, lalu meladeni tingkah pemotor itu. Sehingga terjadilah kebut-kebutan di jalan. Kayak orang bener, mereka berdua meliuk-liuk di antara kendaraan lain dengan kecepatan tinggi. Kadang Rossi ada di depan, kadang yang lain makin […]

Hinaan Berbungkus Pujian Untuk Raja Gila Sanjungan

Alkisah, segerombolan penipu licik berprofesi sebagai penjahit ingin mengecoh raja. Harta menjadi motivasi mereka. Sang paduka dikenal gila sanjungan dan sangat bermurah hati kepada para pemujanya. Mereka datang ke istana dengan prototype baju-baju megah dan indah. Mereka tidak hendak menjual barang yang dibawa, tetapi menawarkan untuk membuatkan jubah dari sutra super halus kepada raja. Saking […]

Ketika Doa Tak Terwujud

Sebuah ilustrasi. Spongebob sedih cukup dalam ketika ia gagal mendapat predikat employee of the month di restoran Krusty Krab tempatnya bekerja. Padahal ia sedang membutuhkan biaya untuk beberapa kebutuhan yang ia harap bisa didapat melalui penghargaan itu. Ia sudah berdoa siang malam dalam sujud panjangnya tiap sholat maupun waktu-waktu mustajab lain. Tapi tak disangka, harapannya […]

Makhluk Penuh Cinta

Allah Maha Penyayang. Sudah paham kita bahwa kata ‘maha’ pada sifat Allah itu telah menunjukkan bahwa Allah swt tiada tandingannya dalam sifat itu. Tapi tetap saja Rasulullah memperbandingkan sifat kasih sayang Allah dengan sifat kasih sayang makhluk – untuk memberi pemahaman kepada umat bahwa kasih sayang Allah jauh lebih besar dari kasih sayang yang diperbandingkan. […]

Simpul Waktu

Kehidupan adalah untaian tali waktu. Padanya terdapat simpul-simpul yang menyatukan potongan waktu yang satu dengan yang lain. Simpul-simpul itu adalah titik terbaik bagi kita berdiri untuk memindai kembali potongan waktu yang telah berlalu, menelusuri kembali dengan rinci untuk menemukan apa yang harus kita mintakan ampunan, apa yang harus diperbaiki, atau yang harus ditingkatkan. Mengamalkan nasihat […]

Empat Proses Berfikir yang Jadi Penghalang Perubahan

Saat ingin mengubah kebiasaan, atau membangun kebiasaan baru yang baik, sering kali tidak mudah. Ada banyak kendala, alasan, dan godaan yang menguji kesungguhan. Dalam buku Re-Code Your Change DNA, Rhenald Kasali menulis ada empat hal yang perlu diwaspadai saat memulai kebiasaan yang baik, terutama yang berhubungan dengan fikiran dan persepsi. 1.Potensi vs Limitasi Kebanyakan manusia […]

Tetaplah Menjadi Romantis

Bersikap romantis kala masih menjadi pengantin baru, itu wajar saja. Justru tidak wajar jika di awal-awal pernikahan tak tampak laku romantis. Dan kalau setelah pernikahan mulai menginjak usia yang tak muda masih bersikap romantis, itu baru jempolan. Karena seperti sudah lumrah terjadi di masyarakat, semakin lama usia pernikahan semakin dingin hubungan suami istri. Banyak anekdot […]