Dilema Istri dan Dilema Ibu

0
632

|| Kontributor: Inara Khimar ||

Sudah menjadi kewajiban seorang wanita ketika menikah ia harus taat pada suami. Di mana pun suami tinggal istri pun turut serta disamping suami. Kesetian akan teruji saat ketika suami istri tidak tinggal dalam satu atap. Apalagi bagi para istri anggota kepolisian yang sering dipindah tugaskan ke seluruh penjuru daerah di Indonesia.

Mungkin jika posisi saat ini belum memiliki buah hati diajak pindah kemanapun nurut, lalu bagaimana ketika sang buah hati itu hadir?

Disinilah dilema seorang wanita yang menjadi istri dan ibu. Mungkin saat usia anak masih 0-3 tahun masih bisa diajak berpindah dari satu tempat ke tempat lain di mana suami dipindah tugaskan. Namun bagaimana jika anak ini sudah berada diusia sekolah?

Pada usia sekolah ini, anak mulai belajar bersosialisasi dengan teman dan lingkungan. Saat usia ini pula tempat tinggal tetap sangat dibutuhkan anak. Sebab bila anak-anak usia sekolah mulai di ajak berpindah dari satu tempat ke tempat lain pasti akan menggangu pertumbuhan anak. Bukan pertumbuhan kecil menjadi besar melainkan lebih pada psikis anak. Apa yang akan terjadi jika dalam rentan waktu enam bulan sekali seorang anak diajak berpindah tempat? Interaksi sosial anak akan berkurang, anak akan cenderung  menjadi anak yang introvet atau tertutup. Kenapa?  Karena jika seorang anak dalam kurun waktu yang pendek diajak untuk berpindah tempat maka yang terjadi adalah anak akan belajar beradaptasi lagi dengan lingkungan baru, teman baru, suasana baru, lalu ketika anak sudah mulai nyaman dengan lingkungan dia harus kembali mengikuti kedua orang tuanya berpindah tempat tinggal dan di sinilah anak akan beradaptasi kembali dengan suasana baru, lingkungan baru, serta teman baru lagi.

Dan di sini lah dilema seorang wanita yang bersuami dan beranak muncul, praduga negatif pun turut serta berlarian di pikiran. Satu sisi ingin menjalankan tugas sebagai istri yang setia mendampingi suami satu sisi lagi ingin menjadi seorang ibu yang meberikan perhatian penuh untuk sang anak.

“Aise”

Depok, 6:23/100916

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here