MEMEGANG KENDALI

0
5

Oleh : Rahmat Idris

Ada pertanyaan yang sering menganggu saya dari dahulu soal mengapa anak-anak lebih gandrung menghabiskan waktu bermain-main daripada belajar?

Ibu-ibu lebih suka berbelanja daripada mencuci dan memasak?

Para suami lebih suka berkumpul dengan teman-temannya sendiri daripada ikut menemani istri belanja?

Pada satu kondisi, menurut saya jawabannya adalah karena manusia lebih menyukai memegang kendali daripada di kendalikan oleh orang lain dan situasi.

Ketika anak-anak bermain, dia merasa dialah yang menguasai dunia. dialah yang menentukan waktu bermainnya.dia yang menentukan teman bermainnya. dialah pusat dari permainan. makanya ia akan mencurahkan segalanya untuk permainan itu.

Dan ketika mereka belajar, mereka merasa di kendalikan oleh orang lain, orang tuanya, gurunya, situasi, bahkan waktu belajarpun di tentukan oleh orang lain. sehingga satu-satunya yang diharapkan olehnya adalah waktu belajar selesai dan dia kembali mengendalikan waktunya sendiri.

Ibu-ibu suka berbelanja karena merasa merekalah yang menentukan apa yang harus di pilih dan dibeli. merekalah yang menentukan masa depan anak dan suaminya. mereka juga bisa menentukan barang mana yang di dapat membahagiakannya dan barang mana yang tidak harus di miliki. plus mereka juga yang menentukan berapa banyak sumber daya yang di pakai dan disisakan.

Ketika mencuci dan memasak, dia harus berkompromi dengan kebutuhan dan kesenangan orang lain. kadang kala harus memasak makanan yang di senangi oleh suaminya sedangkan dia kurang menyenanginya. kadang kala harus mempriotaskan mencuci pakaian anak-anaknya yang kotornya luar biasa padahal dia sudah berkali-kali menasehati anak-anaknya agar menggantikan seragam sekolah dengan baju bermain agar baju seragam mudah untuk di cuci.

Para suami lebih suka berkumpul dengan teman-temannya karena dia merasa menjadi sosok yang tidak dikendalikan oleh situasi dan kondisi. tidak harus berjalan melewati lorong-lorong mall ataupun pasar tanpa tahu jam berapa harus pulang dan berapa banyak lagi bahan belanjaan yang harus di beli.

Memberikan rasa memegang kendali inilah salah satu kunci untuk berasyik masyuk dan larut dalam suatu aktivitas. mengapa anak-anak sekarang lebih memilih bermain game online daripada berlari-larian di taman-taman kota? apakah karena malas?

Bukan. tapi di taman kota mereka harus melakukan negosiasi dengan teman-temannya untuk memainkan permainan. di game online dia langsung menjadi ‘leader’ dan memegang kendali tanpa harus melakukan negosiasi lagi. kekuatan absolut ada padanya. bahkan bila dia mau, dia bisa membubarkan permainan sesuka hatinya. beda dengan permainan di dunia nyata yang terbentur dengan banyak peraturan dan kesepakatan.

Olah karena itu, bila ingin mampu menjadikan anak, istri, suami anda naik level dalam kemampuan dan aktivitas tertentu. ingat satu hal. berikan rasa kepada mereka untuk memegang kendali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here