Ngalalakon

0
170

|| Kontributor: Kang Ewa ||

Ngalalakon (Sunda:red.) merupakan sebuah kata yang memiliki pengertian; sekedar menjalankan. Menjalankan skenario atau sebuah jalan cerita yang telah berisi ketetapan-ketetapan Ilahiah. Dimana masing-masing kita adalah lakon atau pelaku yang mengejawantahkan setiap aturan yang ada di dalam kehidupan.

Sebagai seorang lakon, tentu saja kita semua dibekali dengan segala bentuk fasilitas untuk menunjang laku. Dimana skenario dalam kehidupan tempat kita ngalalakon ini akan selalu taat kepada hukum sebab akibat.

Ketika seseorang mengambil lakon antagonis, maka sejatinya ia telah mengambil jalan untuk kemiskinannya. Apabila tidak miskin harta, sejatinya ia telah memiskinkan hati, iman, dan moralnya.

Sebaliknya ketika seseorang mengambil peran protagonis dalam hidupnya. Ia akan bergelimang bahagia, meski tak melulu bersanding harta di sekelilingnya. Ia bisa kaya dalam konteks hati, bisa juga lapang dalam jiwa.

Manusia sebagai individu yang sedang ngalalakon pada hakikatnya memiliki tujuan akhir untuk meraih kebahagiaan, bukan hanya di dunia, melainkan di kehidupan pasca kehidupan fana ini, yakni kebahagiaan di kampung akhirat kelak.

Namun demikian, tak sedikit pun Allah swt memaksa. Individu yang ngalalakon hanya diberikan sebuah rambu-rambu dan aturan yang jelas dimana ditegaskan; jalan hidup itu pilihan! Bila baik, maka kebaikan pula sebagai imbalan. Apabila buruk langkah ditempuh, kesusahan pula sebagai balasan.

Sekali lagi terserah! Lakon bukan hanya tinggal lakon tanpa karakter. Entah itu protagonis atau sebaliknya. Yang pasti, kita semua harus memilih. Karena saat ngalalakon pun memiliki batas waktu sesuai kehendak Sang Pencipta yang memberi titah kepada kita untuk ngalalakon.

So, ada dimana, mau apa, dan untuk apa kita berada sejatinya harus diperjuangkan supaya senantiasa berada dalam kebaikan. Supaya perjalanan kita dalam ngalalakon tidak sia-sia. Semoga! (*)

Salam Sukses Bersama!
#30DaysWritingChallenge
#30DWCJilid7
#Squad3
#Day20

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here