Revisi Dakwah

0
200

Kecantikan dakwah yang dimainkan Rasulullaah shallallahu ‘alayhi wa sallam sungguh tak tertandingi. Beliau saw tak pernah membuat orang di sekitarnya menjadi tak nyaman atau menjadikan mereka menampilkan kesucian yang dibuat-buat. Mereka tak pura-pura shalih karena sungkan ketika di depan Rasul saw. Mereka tampil apa adanya bahkan tak segan mengadukan kegelisahannya karena belum mampu menjalankan syari’at dengan sempurna tanpa takut mendapat kecaman.

Rasulullaah shallallahu ‘alayhi wa sallam tidak hanya sabar mendengar keluhan kaum muslimin tapi juga santai menyimak cacian kaum musyirikin. Telinganya selalu terpasang, tangannya selalu terhulur, pikirannya selalu tercurah, tenaganya selalu terkuras serta waktunya selalu tersedia demi membersamai kaumnya. Kesuksesan dakwah yang diusungnya seringkali bukan efek berkoar di atas mimbar melainkan karena perangai indahnya yang selalu nampak tulus dan kontinyu.

Maka malulah wahai diriku…
Yang berkomitmen untuk mendakwahkan sunnah namun masih jauh dari berdakwah sesuai sunnah. Yang berusaha meniru akhlaq Rasul saw tetapi masih sering tak peka atas kondisi tiap manusia.

Ingat, dakwah itu mengajak bukan mengejek. Merangkul bukan merongrong. Pahami betul bahwa setiap orang punya tingkat kemampuan, pengetahuan serta keimanan yang berbeda-beda. Berikan pengertian yang luas terhadap latar belakang mereka. Sehingga engkau dapat berlatih sabar dalam menghadapi mereka sesuai kapasitasnya dan menghargai setiap proses yang mereka usahakan untuk lebih baik.

Jika kemudian ada kawanmu yang kerap bersikap tak nyaman dengan nasihatmu, ada yang malu mencurahkan kekurangannya, ada yang sulit bersikap apa adanya di depanmu atau enggan bercerita masalahnya lantas menjaga jarak, maka mungkin caramu berdakwah perlu direvisi. Barangkali selama ini caramu menyeru malah menjauhkan mereka dari indahnya ajaran Islam. Indikasinya memang sesimpel itu bila hati kita bisa merasa. Maka introspeksilah banyak-banyak sebelum tergesa menuding ketidaktaatan mereka.

Rabbishrahlii shadrii wa yassirlii amrii wahlul uqdatam millisaanii yafqahuu qaulii..
@vi3nzz, 6110

#dakwahcantik
#rinduRasul
#efekbaperliatvideodakwahyangkokgitu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here